Sunday, December 8, 2013

Review: Paper Romance by Lia Indra Andriana


Judul: Paper Romance
Penulis: Lia Indra Andriana
Penerbit: Haru
Halaman: 376 pg
Harga: IDR 52,000
Rating: 4/5
"Justru itu masalahnya,

Gue engga mau putus sama Eli."

Kev Mirrow penulis yang baru kembali ke Indonesia bertemu dengan Eliana Candra, asisten di kantor kakaknya yang kini dipinjamkan baginya. Eli bertugas sebagai tukang ketik Kev dalam menulis novelnya. Sebagaimana pun Eli kesal pada Kev, toh pada akhirnya ia akan mengangguk pada setiap perintah Kev, ya meski lebih terkesan sebagai paksaan. Bahkan ketika Eli melakakukan kesalahan yang bisa dikatakan memalukan dan Kev menghukumnya dengan mengganti nama tokoh pada novel berjudul Love Note itu menjadi namanya, tanpa berpikir ia menyetujuinya,  yang tentu diakhiri penyesalan.


Saat mengutarakan kekesalannya tentang Kev pada teman baiknya, Tiffany, Eli berharap semoga saja Kev mengalami kecelakaan dan tak sadar untuk beberapa jam. Dan permohonan buruknya itu menjadi kenyataan! Sesaat kemudian, Hadri, manajer Kev meneleponnya. Kev mengalami kecelakaan. Namun, pada saat Kev bangun ia justru menganggap Eli sebagai kekasihnya. Ternyata Kev tidak mampu membedakan mana imajinasi dan kehidupan nyatanya!

Eli akhirnya bertindak sebagai kekasih pura-pura bagi Kev. Yang tidak diketahuinya adalah, Kev sudah sadar dari imajinasinya. Tapi justru Kev tidak mau berhenti bersandiwara. Eli sendiri rupanya telah jatuh dalam permainan kecil ini terlalu dalam. Di saat itu, ia menerima tawaran untuk memfilmkan Love Note. Dan Kev bertemu dengan Nadia, masa lalunya. Permainan note mereka dulu memaksa Kev menjadikan Nadia sebagai kekasihnya.

"Aku dan kamu..., sebenarnya seperti apa hubungan kita?"
edited by me

Cerita yang cocok dibaca di waktu senggang ini akhirnya harus rela berada di posisi ke dua setelah PR yang numpuk dan wajib dikerjakan. Pheww. Akhirnya sebelum UAS aku menyempatkan beberapa jam menyelesaikannya. Membaca 5 halaman pertama yang krusial membuatku penasaran akan kisahnya. Seorang teman juga berkata novel ini bagussss, dengan mudah aku membalik lembar demi lembarnya. Aku sempat mengira saat akhirnya Eli menyetujui untuk menjadi 'kekasih' Kev, akan banyak halangan yang membuat Kev terpaksa menjalaninya. Tapi nyatanya, ia memang ingin melakukannya. 

Karakter masing-masing tokoh kuat. Bahkan sampai tokoh minornya pun diberi penegasan karakter. Alurnya sendiri mengalir dengan ringan seperti pembawaan penulisnya yang tidak bertele-tele dan berusaha 'lebih' yang justru akan membuatnya tidak natural. Hal ini menjadikan Paper Romance tidak membosankan dan penuh kejutan. Banyak kejadian tak terduga saat aku membacanya. Beberapa membuatku gemas atau tertawa geli

Aku merasa saat membaca novelnya seperti sedang menyaksikan kisah cinta teman sendiri. Kejadiannya tidak dibuat lebay dan berlebihan. Aku juga suka endingnya yang agak unpredictable. Poin yang tidak bisa aku lewatkan adalah covernya yang unik. Aku suka penggabungan warnanya yang soft dan membauatku tidak bosan melihatnya. Bentuknya juga unik. Di bagian kanan atas juga ada bekas 'gigitan' yang menantangku untuk menyampulnya, dan tentu saja, berhasil! Hahaha.

So, I enjoyed reading this book before my final exam! Really light and cute love story to read |( ̄3 ̄)|

2013agneskoo

No comments:

Post a Comment