Sunday, June 8, 2014

Review: Simple Thinking About Blood Type by Park Dong Sun

Judul: Simple Thinking About Blood Type
Penulis: Park Dong Sun
Penerjemah: Achie Linda
Format: Paperback, 262 pages
ISBN: 6027742259
ISBN13: 9786027742253
Diterbitkan oleh Penerbit Haru Desember 2013

Simple Thinking About Blood Type adalah komik non-fiksi yang menggambarkan sifat seseorang melalui golongan darahnya. Di sini, Park Dong Sun membawa kita dalam kondisi-kondisi tertentu untuk kemudian dianalisa sifatnya, tapi bukan secara ilmiah, melainkan dari hasil pengamatannya sendiri. Kita akan melihat golongan darah kita diilustrasikan secara lucu dan menarik. Ada banyak yang diamati oleh sang penulis terutama di lingkungan sosial, baik dalam keluarga, pertemanan, pekerjaan, dan banyak yang lainnya. 
Nah karena golongan darahku juga cuman satu, aku pun melakukan pengamatan singkat ketika membacanya!
forgive the lack quality of photo. mom's away with DSLR x_x

Blog tour blog tour blog tour!!! YAYY!
Aku sudah memiliki buku ini sejak bulan Februari / Maret tapi sempat tertunda proses membacanya karena ada ret-ret rohani sekolah. Dan ternyata pada saat ret-ret tersebut, kakak-kakak pembimbingnya menggunakan beberapa gambar dari buku ini untuk mendeskripsikan kepribadian para siswa. Nah di situ teman-temanku banyak banget yang setuju dan bilang “Ehh iya tuh bener banget!!”, sambil tertawa ketika melihat gambar-gambar  golongan darah mereka.

Beberapa hari setelah pulang ret-ret, aku akhirnya menyempatkan untuk membaca buku ini sendiri, tapi karena pengetahuanku tentang golongan darah orang-orang di sekitarku kurang (kecuali keluarga ya :P) dan aku merasa kalau nggak adil jika aku men-judge buku ini sendiri sedangkan gol. darah aku cumin satu, aku pun membawa buku ini untuk sesi baca bersama hahaha XD
Ketika membaca bersama itulah teman-temanku menemukan banyak kecocokan dari buku ini dengan mereka. Mereka juga kadang tertawa ketika menemukan kesamaan itu atau fakta tersembunyi yang tidak mereka sadari selama ini. Tapi tidak jarang kepribadian yang disebutkan dalam buku ini bersifat universal. Misalnya si X golongan darahnya B tapi sifatnya mirip golongan darah A di buku ini. Aku sendiri juga menemukan hal-hal seperti ini. Atau mungkin sifat yang ditunjukkan golongan darahku tidak sesuai dengan kepribadianku.
Aku sendiri suka dengan animasinya. Menurutku animasinya sangat lucu dan menarik dan tidak terkesan formal. Ilustrasi inilah yang membuat buku ini menjadi sangat kocak dan mudah dicerna oleh pembaca segala usia terutama karena full color. Di akhir juga terdapat semacam bonus tentang Diary Bergambar Si Cowok Gila yang sebenarnya aku nggak tahu hubungannya apa hehe ._.v.

Satu bagian yang agak mengganguku adalah pada halaman 214-215.


Aku agak kurang suka ketika Tuhan dijadikan semacam lelucon (meskipun sebenarnya bagian ini tidak menyinggung sih), tapi menyebut nama Tuhan secara sembarangan dalam sebuah buku dengan maksud humor juga rasanya tidak terlalu baik.

Selain itu, secara keseluruhan aku menikmati buku ini. Bagiku buku ini dapat dijadikan bacaan ringan sambil minum teh sekedar untuk referensi, bukan untuk men-judge seseorang melalui golongan darahnya. Aku sebenarnya berharap lebih banyak kecocokan yang kutemukan dengan sifatku sendiri, tapi karena berasal dari pengamatan si penulis sendiri aku bisa memahaminya. ★ !!!

Buku keduanya juga akan terbit pada bulan Juli loh! Untuk yang belum memiliki buku pertamanya dan ingin sekalian mempunyai buku keduanya, bisa melakukan pre-order buku berTTD di owlbookstore.co.id (jumlah terbatas) guys!
Nanti aku juga akan membagikan 2 buku Simple Thinking About Blood Type. Kalian harus sering-sering main ke blog-ku atau subscribe via email  karna giveaway-nya akan dilakukan dalam waktu dekat ;) !

See you really soon <3

11 comments:

  1. Aku suka baca komik ini jauh sebelum bukunya terbit. Via google byk yg bertebaran. Dan aku belum pernah lihat yg bagian cowok gila serta Tuhan yg dijadikan lelucon. Tapi diluar itu semua. Aku tetep mau baca komik ini, apalagi klo dapet dr giveawaynya ^^ Amat sangat bersyukur sekali, ehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Worth it kok dibaca saat waktu luang :) yup! Harus ikut giveaway-nya ya pokoknya

      Delete
  2. aku mampir,,,
    keren dehhh.. aku nggk bisa buat animasi gitu ....
    saya boleh ikutan giveawaynya kan kak :lol
    hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hahaha makasih Kak :)) aku masih belum 15th loh *curcol*. Itu gampang kok, aku belajar design juga otodidak :D

      Delete
    2. oh kamu masih 15 tahun ..
      haha,, aku uda 22, hihi,, jadi kau yang panggil aku kak ya :haha
      aku dulu pernah sekarang lupa,,,,

      Delete
    3. Iya hehe. Belajar lagi aja Kak. PS kan emang dasarnya ga susah ;D

      Delete
  3. Huuuaaa penasaran sama buku ini. :D

    ReplyDelete
  4. makin penasaran sama buku simple thinking about blood type ini.
    pernah baca beberapa lembar doang di tokbuk dan langsung bikin senyum-senyum sendiri :D
    semoga GA kali ini aku beruntung ^^

    ReplyDelete
  5. Aku juga sempat baca sedikit dari buku Simple Thinking Blood Type punya kawan. Waktu itu hanya baca bagian gol. darahku aja sih. Dan, alhasil nganggukin kepala sendiri tiap baca kalimat-kalimat dr buku tersebut :D
    Jadi pengen punya sendiri :)

    ReplyDelete
  6. Kebanyakkan sih ada benarnya, tapi nggak semua bisa dibenarkan. Heheh...

    ReplyDelete
  7. Ini buku emang pas banget dibaca bareng temen Apalagi yang baca banyak. Pasti seru abis deh.

    Eh, btw font nya kecil abis yak? aku soalnya tipe orang yang gak suka besar kecilin font page. Aku lebih suka liyat page yang apa adanya sih hehehe... Tapi untunglah mataku masih jeli. Jadi gak susah baca font nya.

    ReplyDelete