Wednesday, January 15, 2014

Liebster Blog Award



Pertama kali lihat Liebster Blog Award itu pada saat aku berkunjung ke Bookie-Looker kak Stefanie. Menurutku acaranya menarik banget dan berharap aku mendapat lemparan. Hmm..kirain akan tetap sekedar harapan aja, sampai hari ini aku di-mention oleh kak Meliana (Bookish Roomie) :D. Hihi seneng banget!

Liebster Blog Award sendiri adalah event di mana si blogger akan menjawab 10 pertanyaan yang sudah dilemparkan oleh blogger sebelumnya. Selain itu, blogger yang menerima lemparan juga harus menuliskan 10 random facts tentang dirinya sendiri.



So here are my answers :3

1. Suka karangan penulis dalam negeri atau luar negeri ?

Kalau dari segi originalitas aku lebih suka penulis luar, ya meski lebih banyak baca penulis dalam negeri sih :p Tapi untuk beberapa penulis ada exception tersendiri. Seperti Winna Efendi, Orizuka, dan Lia Indra Andirana, aku bener-bener suka sama cara menulis mereka yang cocok dengan selera bacaku hihi

2. Apa yang membuat kamu memutuskan untuk membeli atau membaca sebuah buku ? Dari cover, sinopsis, atau apa ?

Cover. Aku itu orangnya visual banget jadi cover itu penting untukku. Aku punya quote sendiri yang pasti selalu jadi pro-kontra kalau ke toko buku sama temen-temen.

Friend: Don’t judge a book by its cover, nes!
Me: But the first thing you see from a book is its cover!

Hahaha. Selalu aja debat soal itu. Karena memang cover yang pertama kali jadi pertimbanganku untuk membeli sebuah buku. Jadi ya itu penting banget buat aku! Selain itu aku juga cukup mempertimbangkan komentar temen-temen yang sudah baca buku tersebut. Mereka jadi reviewer pertama untukku :D

3. Apakah kamu mempersiapkan budget khusus untuk membeli buku ?

Enggaaa!! Karena masih pelajar tingkat menengah, aku nggak bisa mem-budget-kan dana khusus untuk beli buku. Secara, untuk jajan aja masih kurang (gak akan pernah cukup sih hahaha XD), apalagi ada budget khusus untuk beli buku. Itu no no no banget >,< TAPI, aku nabung untuk beli buku juga lho. Biasanya 50% dari uang saku setiap harinya. Karena hasilnya nggak seberapa (dibandingkan sama wishlistnya :p), untuk beli buku Mamaku masih menjadi sponsor terbesar hahaha

4. Pernah nggak kamu kehilangan buku ?

Kalau dibilang kehilangan ya enggak ya ._______. Lebih ke arah lupa. Pas SD aku koleksi colored comics-nya Spongebob banyak banget, ada juga komik-yang-aku-lupa-namanya yang dibelikan Mama lumayan banyak. Sekarang aku lupa taruh di mana ‘-‘ Kalau pure kehilangan sih kayaknya belum pernah. Semuanya murni karena keterbatasan kapasitas ingatanku CX

5. Buku yang bikin kamu nyesel membaca atau membelinya ?

Hehehe, sebenernya agak-gimana-gitu ngomongnya. Jadi pas pertama kali mulai coba baca, dan aku masih nggak ngerti mana-buku-bagus atau sebaliknya, aku beli buku terbitan Zettu. Hmm…dan ternyata isinya terlalu mainstream dan kata temen-temen juga memang Zettu kurang bagus. Kayaknya itu aja :/ Selanjutnya, aku akan lebih selektif, ha!

6. Genre buku apa yang kamu paling sukai ?

Awal senang baca fiksi, aku baca komik bergenre komedi ringan gitu. Aku juga suka baca Chicken Soup for the Soul, terutama versi graphic novel karya Kim Dong Hwa. Kalau sekarang aku lebih suka membaca buku genre romance. Belakangan sih lebih banyak fantasy X)

7. Dalam satu hari kamu bisa menyelesaikan berapa buku ? Atau berapa halaman buku ?

Tergantung mood. I’m so moody~ Kalau lagi mood, aku bisa baca 2-3 buku (rata-rata halaman 300>). Kalau mood lagi rusak bisa sama sekali nggak baca tuh hahaha

8. Suka baca paperback atau ebook ?

Paperback. Aku nggak pernah baca ebook T^T. Kalaupun aku bisa membeli versi ebook, menurutku versi paperback akan lebih berkesan karena kita punya hard copy yang bisa dilihat tanpa menyakitkan mata~

9. Berapa kali dalam sebulan kamu ke toko buku ?

Karena jarak rumah ke toko buku di kotaku terbatas dan minimnya waktu (alasan banget ><), mungkin sebulan 1-2 kali sudah sangat bagus buatku. Aku lebih sering beli buku lewat online.

10. Kenapa kamu membuat blog tentang buku ?

Awalnya aku sering lihat blog Bookie-Looker di timeline (karena kak Stefanie sering bekerjasama dengan Haru), terus aku sering blog-walking deh. Lama-lama mulai menikmati dan mau coba. Dan, karena aku pelupa banget, jadilah ini sebagai archive pribadi yang bermanfaat :))

10 Random facts about myself:
  • Dapat hadiah roti dari pemerintah karena lahir di hari kemerdekaan. Tapi sampai sekarang nggak tau rotinya dimakan siapa haha
  • Punya 2 gigi susu yang nggak akan pernah bisa diganti karena nggak ada gantinya. They are so small >.<
  • Punya selera musik yang cukup aneh (I love alternatives!), kebanyakan penyanyi favoritku nggak begitu terkenal.
  • Kalau di sekolah extrovert, di rumah akan jadi introvert. According to the test, I’m 5x% extrovert and 4x% introvert haha
  • Sejak umur 12 tahun, sudah merasa tuaaa banget!
  • Lebih memilih tidur ditemani lagu ballad daripada ke mall atau tempat lainnya
  • Insecure kalau sudah disuruh nunjukin bakat yang satu itu
  • Nggak suka makan semangka, durian, kajang hijau (apapun bentuknya!!), dan manggis meskipun belum pernah coba.
  • Dari kecil ingin punya jakun karena…ga tau ya hahaha keren! Like there’s something moving in your throat! Lol
  • Pengidap darah manis sehingga membenci nyamuk luar biasa! Yang pasti ga bisa deket-deket nyamuk

10 bloggers yang aku lempar pertanyaan adalah:

  1. Una’s Book Castle  - @LaunaRissadia
  2. Tale Territory - @kimkkomaya
  3. The Chocolate Tale - @dyahmuawiiyah
  4. Let’s Read Between the Pages - @cyn0514
  5. A Book is a Gift – @rd_lite @nonarisa
  6. My Heaven of Books
  7. Legitur - @legitur15

Dan…10 pertanyaan untuk bloggers berikutnya

  1. Bagian yang pertama kali dikunjungi kalau ke toko buku?
  2. Biasanya dalam sebulan bisa menghabiskan berapa banyak untuk buku?
  3. Buku yang berkesan banget sehingga kamu susah move on? (boleh lebih dari 1)
  4. Kebiasaan kalau sedang baca apa?
  5. Suka dengerin lagu waktu baca? Kalau iya, lagu yang gak boleh terlewat apa sih?
  6. Kalau seandainya kamu tokoh dalam novel, mau jadi siapa? (boleh lebih dari 1)
  7. Pernah punya pengalaman tokoh dalam novel mirip dengan real-life mu?
  8. Adakah buku yang cocok dengan lagu favoritmu?
  9. Duka menjadi seorang books-lover?
  10. Misalnya kamu sedang menunggu buku terakhir dari seri favoritmu, tapi sang author terkena penyakit dan meninggal. Apa yang akan kamu lakukan dan rasakan? (jangan sampe yaa ><)

Pertanyaannya personal banget kayaknya hahaha. Dan untuk yang kena lemparan, aku lebih banyak memilih yang belum dapat dan belum kenal juga :D Kalau ada yang sudah kena, hehe maaf yaaa:p Enjoy the ride!


2014AgnesKoo

2 comments:

  1. thank you phiam sudah dijawab.. waw, dapet roti ultah, berarti hari ultahnya 17 Agustus iaa.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks untuk pertanyaannya juga kak :3 Yup! 17.08.99 hehe

      Delete