Tuesday, October 15, 2013

Review: You Are My Sunshine by Clara Canceriana

Judul: You Are My Sunshine
Penulis: Clara Canceriana
Penerbit: GagasMedia
Halaman: 388
Harga: Rp 48,000
Rating: 4/5

Kristal seorang dosen yang mengajar sastra Jepang tanpa sengaja bertemu dengan Ryouta, turis miskin yang nyasar di Indonesia. Ryouta terus
menempeli Kristal agar membantunya. Ternyata Ryouta adalah
sahabat dari teman dekat Kristal, Kinan. Dan Kinan diam-diam telah merencanakan perjodohan mereka berdua! Hingga akhirnya, dengan terpaksa Kristal harus bersedia menampung Ryouta di rumahnya. Bukan tanpa syarat tentunya.

Suatu pertemuan tanpa sengaja juga mempertemukan Kristal dengan Bruno.
Bruno adalah seorang pria tampan, mapan, sempurna. Fisiknya yang menawan membuat siapa saja jatuh hati pada Bruno, termasuk Kristal. Takdir mempertemukan mereka kembali dan membuat Kristal dekat dengan Bruno.

Di saat itu pula, Kristal semakin dekat dengan Ryouta. Kejadian-kejadian aneh yang disebabkan turis miskin itu menjadi bumbu dalam kisah mereka.

Jika Bruno dan Ryouta sama-sama menyukai Kristal, pada akhirnya siapa yang akan dipilihnya?
Bruno sang pria impian, atau Ryouta si turis miskin yang bisanya hanya membuat masalah?


photo and edited by me

Novel ini mengangkat kisah benci jadi cinta. Meskipun alurnya klise, namun bumbu komedi yang dituangkan oleh penulisnya membuatku tetap nyaman dan terus membacanya. Terutama sikap Ryouta yang terkesan polos, seadanya dan tak mengerti apapun tentang Indonesia menambah kelucuan dalam cerita ini.

Kedua tokoh utama sifatnya saling bertolak belakang sehingga banyak sekali percekcokan yang mengundang tawa. Ryouta dan Kristal sama-sama tidak mau mengungkapkan perasaannya. Belum lagi ada Bruno yang mempersulit keadaan hingga pembacanya menjadi gemas untuk tahu bagaimana ending cerita ini. 

Cerita ini secara keseluruhan sangat dapat dinikmati dan tidak terduga meski alur dasarnya klise. Kenapa hanya 3,5? Karna menurutku novel ini hanya bisa membuatku mengalun dengan ceritanya tapi tak tenggelam di dalamnya. Meski begitu, ini novel Clara Canceriana pertama yang kubaca dan tidak mengecewakan ( ´ ▽ ` )οΎ‰



photo ; edited by me
anes.2013

No comments:

Post a Comment